Langsung ke konten utama

FESTIVAL MUSIK TRADISI - Mancokau Musik Festival 2019


Kalam Pembuka

         Gagasan yang akan digarap  dalam event ini adalah pelaksanaan event/festival musik yang mewujudkan pelestarian nilai lokal masyarakat tradisi. Untuk terus memiliki dinamika di kota maupun dikampung ceruk halaman kita, kesenian haruslah kembali pada esensinya sebagai wadah mengapresiasi nilai-nilai kelokalan di daerah masing-masing terutama isu lingkungan & potensi wisata di 4 sungai besar provinsi Riau.
                   Maka dari itu dapatlah diapreasiasi sebuah peristiwa dimasyarakat Riau yakni tradisi batobo mancokau, tradisi ini biasanya dilakukan dalam hal mengambil ikan disungai jika di air, yang dilaksanakan oleh semua kalangan masyarakat setiap beberapa kali dalam setahun, kegiatan ini bersifat batobo atau gotong-royong sedangkan mancokau adalah kata kerja yang artinya mencekau atau mengambil secara bersama-sama setelah sekian lama dijaga dan dipelihara.
                   Kami sebagai penyelenggara event sangat berharap program ini dapat didukung berbagai instansi, lembaga, perusahaankomunitas, seniman-budayawan baik muda maupun maestro serta membuka diri bagi siapa saja yang ingin berkontribusi positif agar event ini benar-benar memiliki dampak yang baik bagi keberlangsungan kesenian dan seni tradisi kini dan nanti.


Direktur Festival 
MANCOKAU MUSIC FESTIVAL  2019
Muhamad Fauzan

4 KEGIATAN FESTIVAL

 Observasi, Seleksi, Workshop dan Produksi

Observasi & Dokumentasi :
1.Melakukan pengamatan musik tradisi dan kebudayaan masyarakat setempat
2.Melakukan wawancara/diskusi kepada para pelaku seni tradisi
3.Menyimpan karya seni tradisi melalui rekaman video-audio
4.Menulis dan Menyimpan karya-karya musik tradisi melalui notasi  balok konvensional
5.Menyimpan dan publish video program event dalam akun di media sosial
Seleksi Talent Musik
1.Melakukan penyeleksian karya musik kreatif dari berbagai jenis genre musik
2.Kelompok atau individual musisi tersebut menggunakan video observasi festival  sebagai ide penciptaan karya dan dikurasi oleh tim kurator
3.Segala informasi selsksi di publikasi melalui media sosial dan sebagainya.
Workshop & Pelatihan :
1.Mengadakan diksusi  musik untuk umum berkaitan seni tradisi dan perkembangan musik kreatif
2.Mengadakan pelatihan penggarapan musik kreatif tradisi (konsep dan teknik)
Produksi  / Performance :
1.Menampilkan karya seni tradisi untuk apresiasi khalayak umum
2.Menampilkan karya seni kreatif yang bersumber dari seni tradisi
3.berkolaborasi antara pelaku seni tradisi dan pelaku seni kreatif

Rincian Program Kegiatan

Observasi, adalah Pengamatan seni tradisi yang akan dijadikan objek apresiasi terutama kesenian sekitaran 4 sungai besar di Prov Riau. Dengan begitu, tim Festival langsung turun kelapangan atau lokasi untuk mengambil video-audio, wawancara, serta mendokumentasikan skript yang berhubungan dengan kesenian tersebut. Setelah melalui proses editing karya video tersebut kemudian dipublish diberbagai media sosial Youtube, Instagram, untuk dijadikan bahan apresiasi  keikutsertaan musisi dalam seleksi konsep penyajian dan pertunjukan untuk  event festival.
Seleksi Musik, Musisi dapat memilih satu diantara beberapa konten video yang telah dipublikasikan oleh tim, untuk dapat dijadikan referensi karya kreatif dan meregistrasikan pendfataran via e-mail dengan beberapa persyaratan mutlak diantaranya mengisi form ketertarikan pada seni tradisi dan motivasi mengikuti event ini. Musisi akan dikuratori oleh kurator musik yang berkompeten pada bidangnya terutama kurator yang pernah menghasilkan karya-kreasi tentang kesenian tradisi
Workshop & Pelatihan, adalah sebuah wadah pertemuan diantara persoalan yang akan digagas menjadi lebih menarik, ini menjadi bagian penting karena diskusi yang bersifat silaturahim diantara pelaku seni dapat memberikan sesuatu hal yang menarik sesuai dengan perkembangan zaman saat ini, apalagi generasi muda perlu dihadapkan dengan berbagai pengalaman dengan para pelaku seni yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan.
Produksi & Performance, seperti kebanyakan musik pada umumnya, agar tujuan dan maksud dalam sebuah konsep karya dan gagasan festival dapat terwujud diberikanlah sebuah ruang dimana pelaku seni menjadi fokus perhatian dan topik pembicaraan yang disebutPanggung”. Disini akan menghadirkan penampilan musisi yang telah diseleksi  dimana mereka membawakan karya musik yang telah dikuratori sesuai dengan konsep festival. Pada urutan berikutnya seniman seni tradisi juga menampilkan pertunjukan dan berkolaborasi bersama para musisi lainnya.



KALAM PENUTUP
  
        Rasa syukur yang mendalam kami ucapakan kepada Tuhan Yang Maha Esa sampai juga dipenghujung  lembaran yang penuh harap dan cita-cita bersama.
  Seperti memakan buah durian
  Selesai makan biji ditanam
  Walau harus menunggu lama
  Buah yang manis akan berjumpa
        Semoga Hubungan dan kerjasama kita dalam membangun seni dan kebudayaan  ini dapat berlangsung dengan baik, demi keberlangsungan kebudayaan kita terutama di Provinsi Riau.
  Ikatan Setia ia bernama
  UU Hamidy  penulis bernama
  Hubungan raja dengan rakyatnya

  Dibangun setia agar berjaya 

Notes : Dilarang mencopy atau melakukan plagiasi pada tulisan ini 
tanpa memberitahu dan meminta izin ke ozanvio@gmail.com 
(dengan catatan tidak boleh ada unsur komersil) 

 Organizer/ Penyelenggara 
Ttd
MANCOKAU MUSIC FESTIVAL 2019

Postingan populer dari blog ini

Warisan Melayu (Portofolio Perkumpulan)

 

Filsafat Seni - SIMBOL MUSIK

(dalam Tugas Filsafat Seni ) Oleh : Muhammad Fauzan A.Md,Sn Assalamualaikum... SIMBOL MUSIK E mosi yang di rasakan menjelma di dalam Simbol Bunyi ( musi k). Interprestasi bunyi,...? pernahkah kita marah besar dengan seseorang dengan volume lemah sambil mengatakan kata pujian..? mungkin saja ada, tetapi ekspresi marah yg kita ungkapkan tidak berhasil dan disangka itu adalah sebuah kemarahan. Begitu juga dengan ekspresi bunyi, walaupun suatu interprestasi membutuhkan ‘ file memory’ tentang apa yang akan ia duga dengan sesuatu yang pernah ia alami misalnya, anak bayi tidak akan pernah menyangka datang ( baca : bunyi) segerombolan lebah dari luar rumahnya sedangkan ia tak pernah sebelumnya mendengar bunyi lebah, akan tetapi bisa jadi ia menduga ( baca : imajinasi) bunyi tersebut adalah sesuatu yang ‘menakutkan’ sedangkan ia tidak memikirkan objek yang berbunyi . Dalam musik ( ilmu) telah ada istilah-istilah baku tentang ekspresi suatu karya misalnya volume pelan disimbo

Komunitas Biola Pekanbaru

Informasi umum untuk Anggota Komunitas Biola Pekanbaru Komunitas Biola Pekanbaru merupakan wadah bagi para pelaku/penikmat/penggiat musik (musisi) pada bidang biola. Komunitas sosial ini didirikan pada tahun 2012 pada bulan juli oleh beberapa musisi yang ada dipekanbaru bersama dengan teman-teman melakukan Pelatihan, Workshop, Penampilan musik, dan kegiatan sosial lainnya. Kita bertekad mengembangkan musik pada bidangnya dan melakukan pengabdian kepada masyarakat luas dan kota pekanbaru pada khususnya. Diantara bentuk kegiatan tersebut ialah : - Menjalin silaturahim antara pemain biola - Membangun / melatih skill individu / kelompok - Memberi / menerima ilmu dan informasi tentang biola & musik - Mengadakan kegiatan sosial baik kegiatan musik ataupun kegiatan umum - Menunjang sebagai media kreativitas musik Syarat bergabung menjadi Anggota di Komunitas 1.       Memiliki instrument/ alat bantu pendukung lainnya : ( Biola, Stand, & Alat tulis) 2.