Langsung ke konten utama

PASTAKOM 2016 (Choreogarfer : Erni Lestari)



Judul  : KOBAKU DAN ORANG PENDEK
Dalam Event PASAR TARI KONTEMPORER 2016 Di Anung Seni Idrus Tin-Tin, Pekanbaru.
Tema  : Cerita dalam cerita
Ide      :
    
                   Karya ini berangkat dari pengalaman penata tari ketika mendengarkan adanya cerita orang-orang kerdil/bertubuh pendek yang tinggal didalam hutan (Hutan yang dekat dengan Sungai Bungo, Pasir Pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau.

 Latar belakang :
Karya tari ini menceritakan cerita dalam cerita ketika mendengarkan adanya cerita orang-orang bertubuh pendek yang tinggal didalam hutan yang jauh dari pemukiman warga. Konon ceritanya pada zaman penjajahan Belanda masuk ke Pasir pengaraian, Kabupaten Rokan Hulu, Riau, ada sepasang orang kerdil/orang pendek melarikan diri kedalam hutan bersembunyi dihutan dalam waktu yang cukup lama membuat mereka pada akhirnya tinggal didalam hutan tersebut, mempunyai keturunan, yang dilahirkan dari hasil perkawinan sesama orang pendek tersebut dalam waktu yang sangat lama mereka tingal didalam hutan tersebut semakin ramai jadilah hutan tersebut sebuah kampung, yang bernama kampung sungai Bungo. Sesekali mereka keluar dari hutan untuk berbelanja dan berjualan kepasar tetapi mereka tidak ingin pindah dari tempat mereka tetap saja mereka tinggal didalam hutan sungai bungo tersebut.
                                                
          
     Konsep Garapan :  Karya tari ini menceritakan cerita dalam cerita ketika mendengarkan adanya cerita orang-orang kerdil/orang bertubuh pendek yang tinggal didalam hutan yang jauh dari pemukiman warga. Timbul keresahan, keterharuan dan kesedihan ketika mendengarkan kabar cerita adanya orang-orang kerdil/orang pendek yang jauh dari keramaian, tentunya kehidupan orang-orang kerdil/orang pendek yang tinggal dihutan berbeda dengan orang-orang yang tinggal dikeramaian yang telah merasakan perkembangan zaman dunia ini.
Kobaku dan orang pendek ku dendangkan kobaku kobamu. Koba yaitu sastra lisan yang berisikan nasihat-nasihat dan petuah-petuah. Koba bermaknakan kabar. Kabarku dan kabar orang pendek. Kobaku bernasihat dan berpetuahlah aku ketika mendengar kabar kehidupan  orang kerdil/orang pendek dulu dan sekarang.
Sinopsis :

Bukan Menggunjing atau menggosipkan

Bukan meremehkan ataupun melecehkan

Ini tentang hati dan terbawanya perasaan

Sesak, gelisah, haru dan sedih ketika mendengarkan

Adanya cerita tentang keberadaan mereka-mereka....
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warisan Melayu (Portofolio Perkumpulan)

 

Filsafat Seni - SIMBOL MUSIK

(dalam Tugas Filsafat Seni ) Oleh : Muhammad Fauzan A.Md,Sn Assalamualaikum... SIMBOL MUSIK E mosi yang di rasakan menjelma di dalam Simbol Bunyi ( musi k). Interprestasi bunyi,...? pernahkah kita marah besar dengan seseorang dengan volume lemah sambil mengatakan kata pujian..? mungkin saja ada, tetapi ekspresi marah yg kita ungkapkan tidak berhasil dan disangka itu adalah sebuah kemarahan. Begitu juga dengan ekspresi bunyi, walaupun suatu interprestasi membutuhkan ‘ file memory’ tentang apa yang akan ia duga dengan sesuatu yang pernah ia alami misalnya, anak bayi tidak akan pernah menyangka datang ( baca : bunyi) segerombolan lebah dari luar rumahnya sedangkan ia tak pernah sebelumnya mendengar bunyi lebah, akan tetapi bisa jadi ia menduga ( baca : imajinasi) bunyi tersebut adalah sesuatu yang ‘menakutkan’ sedangkan ia tidak memikirkan objek yang berbunyi . Dalam musik ( ilmu) telah ada istilah-istilah baku tentang ekspresi suatu karya misalnya volume pelan disimbo

Komunitas Biola Pekanbaru

Informasi umum untuk Anggota Komunitas Biola Pekanbaru Komunitas Biola Pekanbaru merupakan wadah bagi para pelaku/penikmat/penggiat musik (musisi) pada bidang biola. Komunitas sosial ini didirikan pada tahun 2012 pada bulan juli oleh beberapa musisi yang ada dipekanbaru bersama dengan teman-teman melakukan Pelatihan, Workshop, Penampilan musik, dan kegiatan sosial lainnya. Kita bertekad mengembangkan musik pada bidangnya dan melakukan pengabdian kepada masyarakat luas dan kota pekanbaru pada khususnya. Diantara bentuk kegiatan tersebut ialah : - Menjalin silaturahim antara pemain biola - Membangun / melatih skill individu / kelompok - Memberi / menerima ilmu dan informasi tentang biola & musik - Mengadakan kegiatan sosial baik kegiatan musik ataupun kegiatan umum - Menunjang sebagai media kreativitas musik Syarat bergabung menjadi Anggota di Komunitas 1.       Memiliki instrument/ alat bantu pendukung lainnya : ( Biola, Stand, & Alat tulis) 2.