Langsung ke konten utama

Masa Lalu - Ulal Asam

(Sebuah tulisan Yang berawal dari MADING KAMPUS - AKMR)

FAKTANYA dari “ ULAL ASAM”….

Ujian praktek yg pertama dilaksanakan oleh jurusan Musik, bertempat dipanggung AKMR dalam keadaan mati lampu dan sedikit cahaya remang-remang lilin. Dengan tidak mempersiapkan soundsystem karena dari awalnya dosen penguji menginginkan akoustika gedung. Tapi jika mempersiapkan soundsistem juga, mungkin peralatan listrik itu TAK’kan berguna sebab mati lampu. Dan juga tidak memiliki genset. Persiapan tidak begitu matang dari penyaji ujian bahkan ada yang memberikan bahan ujian beberapa hari sebelum ujian  Sekali lagi diucapkan Selamat semoga sukses.


Ujian yg selanjutya dilksanakan oleh jurusan teater ditaman budaya, walau ada diantara hari-hari tersebut yg mati lampu mereka tetap semangat menunggu lampu akan hidup kembali. Hasil dari survey ialah penonton dari jurusan teater yg paling minim, dari hasil suvey belum tahu apa penyebabnya. Namun mereka dapat menciptakan pertunjukan yang hening, hidmat dan tanpa hiruk pikuk gelak ketawa dari luar panggung. Sekali lagi selamat sukses.

FAKTA yg selanjutnya ialah Ujian yang terakhir dilaksanakan oleh jurusan seni tari juga ditaman budaya. Persiapan mereka sangat diacungkan jempol beberapa saat akan dilaksanakan ujian mereka sanggup latihan hingga malam bahkan larut.mahasiswa jurusan musik juga  ikut-ikutan menemani persahabtan antara gerak dan bunyi, hukumnya ialah :Em7+Cdim= GMaj13, artinya bunyi itu timbul karena gaya gerak (gesek)  sama juga dengan gerak itu menimbulkan bunyi. apakah bunyi itu bisa bergerak sendiri..?? jawabanya Bisa, namun ini hanya survey sementara. Pada malam pertama hanya dua penyaji tari saja menampilkan karyanya dikarenakan mati lampu,  dan dilanjutkan selang satu hari, ternyata ada salah satu dosen mereka juga ujian PASCA yaitu  Bpk, Syafmanefi Alamanda dan diucapkan selamat. Pada hari minggu jam 11.00 jurusan tari memulai ujian kembali dengan soundsystem yg dibutuhkan para pemusik menabuh gendang hingga dilanjutkan pada malam harinya dan mereka berhasil menyelesaikan tersebut dan diucapkan selamat sukses.


Itu semua adalah masa lalu Anda dan orang lain lakukan,besok hari akan menjadi hari ini, apa yang anda lakukan besok…..

Spirit of the future…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Warisan Melayu (Portofolio Perkumpulan)

 

Filsafat Seni - SIMBOL MUSIK

(dalam Tugas Filsafat Seni ) Oleh : Muhammad Fauzan A.Md,Sn Assalamualaikum... SIMBOL MUSIK E mosi yang di rasakan menjelma di dalam Simbol Bunyi ( musi k). Interprestasi bunyi,...? pernahkah kita marah besar dengan seseorang dengan volume lemah sambil mengatakan kata pujian..? mungkin saja ada, tetapi ekspresi marah yg kita ungkapkan tidak berhasil dan disangka itu adalah sebuah kemarahan. Begitu juga dengan ekspresi bunyi, walaupun suatu interprestasi membutuhkan ‘ file memory’ tentang apa yang akan ia duga dengan sesuatu yang pernah ia alami misalnya, anak bayi tidak akan pernah menyangka datang ( baca : bunyi) segerombolan lebah dari luar rumahnya sedangkan ia tak pernah sebelumnya mendengar bunyi lebah, akan tetapi bisa jadi ia menduga ( baca : imajinasi) bunyi tersebut adalah sesuatu yang ‘menakutkan’ sedangkan ia tidak memikirkan objek yang berbunyi . Dalam musik ( ilmu) telah ada istilah-istilah baku tentang ekspresi suatu karya misalnya volume pelan disimbo

Komunitas Biola Pekanbaru

Informasi umum untuk Anggota Komunitas Biola Pekanbaru Komunitas Biola Pekanbaru merupakan wadah bagi para pelaku/penikmat/penggiat musik (musisi) pada bidang biola. Komunitas sosial ini didirikan pada tahun 2012 pada bulan juli oleh beberapa musisi yang ada dipekanbaru bersama dengan teman-teman melakukan Pelatihan, Workshop, Penampilan musik, dan kegiatan sosial lainnya. Kita bertekad mengembangkan musik pada bidangnya dan melakukan pengabdian kepada masyarakat luas dan kota pekanbaru pada khususnya. Diantara bentuk kegiatan tersebut ialah : - Menjalin silaturahim antara pemain biola - Membangun / melatih skill individu / kelompok - Memberi / menerima ilmu dan informasi tentang biola & musik - Mengadakan kegiatan sosial baik kegiatan musik ataupun kegiatan umum - Menunjang sebagai media kreativitas musik Syarat bergabung menjadi Anggota di Komunitas 1.       Memiliki instrument/ alat bantu pendukung lainnya : ( Biola, Stand, & Alat tulis) 2.